Sabtu, 16 Juli 2016

Abu Bakar ash-Shidiq RA

Sahabat Abu Bakar RA merupakan kholifah pertama yang meggantikan Rosulullah SAW setelah wafat. Beliau digelari Abu Bakar karena beliau adalah orang pertama dan terdahulu memeluk agama islam dari kalangan dewasa. Beliau bersegera (Bakr) kepada Islam ketika diajak memasuki tanpa ada keraguan sedikitpun.
Rosululloh SAW bersabda: " Aku tidak pernah menawarkan Islam kepada seseorang pun kecuali dia pasti ragu-ragu terlebih dahulu, kecuali Abu Bakar, karena dia tidak pernah meragukan diriku sedikitpun dengan perkataannya. " (H.R Razin, Dailami juga meriwayatkan hadits yang semakna pada Musnad al-Firdaus dari Ibnu Mas'ud)
Ibu dari Abu Bakar menamainya Atiq karena pengharapan baik dengan keterbebasan dari kematian. Hal ini dikarenakan saudara laki-laki dari Abu Bakar tidak ada seorangpun yang hidup kecuali beliau atau agar beliau terbebas dari neraka atau ketampanan wajah yang diambil dari lafal 'ataaqah yang artinya keindahan pada segala sesuatu.

Sumber : buku Pesona 66 Sahabat Menguak Jejak-Jejak Keteladanan para Sahabat Rasulullah SAW karya Dr. Muhammad Bakr Ismail

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.
Semoga bermanfaat.