Selasa, 04 Oktober 2016

Sakinah, Mawaddah, Rohmah

Sakinah : ketenangan
Mawaddah : cinta
Rohmah : kasih sayang

1. Sakinah dalam keluarga hanya dapat dibangun secara bersama sama. Ia tidak akan terwujud jika hanya bertepuk sebelah tangan. Ia akan terbentuk melalui proses yang panjang. Sakinah akan terwujud ketika setiap keluarga saling menemukan kekurangan dan kelebihan dari pasangannya. Kunci dari sakinah dalam bahtera rumah tangga yaitu pertama nahkoda yang mengerti tujuan dan arah berlayar. Kedua awak yang tangguh dan sabar yang siap dibimbing oleh sang nahkoda.
2. Mawaddah adalah perasaan cinta dan senang, yang dengannya rumah tangga menjadi dinamis, produktif, serta menyenangkan. Menurut Imam Hasan al Bashri, kata mawaddah sbg metafora dari hubungan antara suami istri.
3. Rohmah lebih mencerminkan sikap saling memahami kekurangan dari pasangannya dan melengkapinya. Cinta biasanya sering menggebu di masa muda atau di awal pernikahan. Lama kelamaan, setelah masuk dalam rutinitas rumah tangga, cinta tersebut akan mulai melemah. Karenanya, Allah membekali rohmah sebagai penyeimbang. Dengan demikian, ketika sinyal cinta yang mulai redup, maka si rohmah ini akan menjadi penyelamat rumah tangga tersebut.

#Cuplikan dari sebuah kajian
#NambahWawasan
#Perlu di post, hehehe

2 komentar:

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.
Semoga bermanfaat.