Minggu, 02 Oktober 2016

Najis yang di maafkan

Terdapat najis yang dimaafkan ketika di pakaian tapi tidak dimaafkan di air, dan terdapat najis yang dimaafkan di air tapi tidak dimaafkan di pakaian.
Darah ialah najis yg dimaafkan di baju, tapi tidak di air.
Apabila pakaian terkena cipratan darah sedikit, maka itu dimaafkan. Boleh bagi kita memakainya untuk sholat.
Tetapi darah tidak dimaafkan di air. Apabila cipratan darah masuk ke air yang kurang dari dua kulah, maka air itu menjadi mutanajjis, meskipun tidak berubah airnya. Apabila cipratan darah tersebut masuk ke air yang dua kulah atau lebih, maka dilihat terlebih dahulu apakah ia berubah rasanya, atau baunya, atau warnanya. Jika satu saja dari sifat tersebut berubah, maka air tersebut menjadi najis.
Misalkan ada seseorang yang terluka. Lalu lukanya ditutupi pakai perban tapi tetep saja akan merembes keluar, dan itu terjadi di dalam sholat, maka sholatnya akan SAH.
Apabila ada darah yang terus menerus keluar, maka ia harus disumpel/ditutupi pakai kain sebisa mungkin jangan sampe merembes. Tapi kalo merembes di dalam sholat (ya asal tidak bercucuran, cuma merembes aja), maka sholatnya tetep sah. Wallahu a'lam.
Terdapat najis yang dimaafkan di air tapi tidak dimaafkan di pakaian, yaitu bangkai semut/lalat/nyamuk atau yang lainnya.
Apabila ada bangkai nyamuk jatuh ke air bak mandi atau minuman, maka air tersebut tidak mutanajjis, cukup dibuang saja bangkai nyamuknya. Beres.
Artinya, bangkai nyamuk/semut/lalat itu dimaafkan di air.
Akan tetapi jika ada bangkai semut di pakaian, maka harus dibuang terlebih dahulu tuh bangkai semut. Apabila ia jatuh saat sholat, maka sholatnya BATAL kalau tidak membuangnya.
Artinya, bangkai semut/nyamuk/lalat itu tidak dimaafkan di pakaian.
Apabila kita melihat seseorang yang sholat lalu di pakaiannya (atau anggota tubuhnya) ada bangkai semut, maka kita wajib memberitahunya bahwa tadi sholat dia BATAL karena ada bangkai semut.
Wallahu a'lam.
Sumbernya Safinatun Najah dan Fathul Mu'in.

#Cuplikan dari sebuah kajian
#NambahWawasan
#Perlu di post, hehe

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.
Semoga bermanfaat.