Senin, 07 Juli 2014

Perjuangan untuk mengenalmu

Ini tulisan seharusnya sudah aku canangkan bulan kemarin, tapi aku baru kepikiran sekarang. Hehehe. Terlalu berbelit- belit ini ^_^
Awalnya aku gak tau kenapa mau ikutan unit robotika (URO) padahal sama sekali gak ada basic di bidang itu. Iseng dan nekat mungkin. Atau juga mungkin gara-gara dulu pengin masuk elektro cuma pengin bikin robot aja dan malah masuknya di Metrologi Instrumentasi. Dan sampai sekarangpun tetap aja harus belajar ekstra.
Untuk menjadi kru Robotika, awalnya harus menjalani serangkaian kegiatan (day). Tepat mulainya aku lupa, mungkin bulan Maret. Oh iya, URO itu selalu buka oprec pas semester genap (beda sendiri). Pas day 0 itu, peserta workshop hampir 400 orang loh, keren kan ? Tapi yang namanya seleksi alam itu sendiri memang benar adanya. Day-day berikutnya pasti berkurang.
Materi yang didapat pas Day itu solidworks, line follower, proteus, codeversion, altium dan mungkin masih ada lagi (pokoknya mah ada di logbook). Selain ittu juga ada tugasnya ya itu bikin line follower(tubes1) ber 6 orang, sismin (tubes 2) harusnya bertiga tapi ngilang satu, tubes 3 itu bikinnya satu angkatan. Lumayan banyak kan???
Semangatku hampir akan tenggelam, ketika tubes 2. Kenapa ya? Tugasnya masih terlalu susah untuk dipahami oleh aku yang belum ngerti ditambah kita cuman berdua. Alhamdulillahnya, partnerku yang satu ini, orangnya sudah menyatu dengan yang namanya dunia robot jadi tidak terlalu susah untuk dikerjain buat kita berdua khususnya buat dia. Hehe. Aku juga pernah bilang padanya, pengin udahan dan udah gak ngerti lagi. Tapi ya itu dia jawabnya "kalo udahan, nanti aku sama siapa dong? aku juga udahan berarti." Ini sih kalo gak salah dia bilang gitu. Pokoknya pas tubes 2 itu sampai ngerjain pagi sampe sore bahkan malem pun iya dan dibelain ke kosannya.
Dan setelah itu, aku sudah merasa lelah bagaimana nantinya. Mau diterima atau tidak jadi kru URO nantinya. Yang penting, dari day-day yang telah aku jalani benar-benar sangat bermanfaat dan sesuatu yang sangat baru dalam duniaku.
Day terakhir itu day 8, dapet jarkom suruh bawa spek dan kumpul pada sore hari.  Ada berbagai kegiatan yang harus dilakukan sama satu angkatan. Dan malam harinya, kita di ajak ke baksil. Di sana, kita benar-benar merasa bersalah. Kita satu angkatan, belum betul-betul saling mengenal. Namapun saja ada yang belum tau, apalgi ke angkatan atas. Kita masih belum respect terhadap teman sendiri. Padahal saling mengingatkan merupakan suatu kewajiban dalam tim nantinya. Pada saat itu kita akhirnya dilantik menjadi kru robotika. Sebelumnya, aku gak menyangka bisa menjadi bagian dari URO ini. Tepatnya tanggal 8 June 2014. ^_^
Ganbatte for kru URO angkatan 6 ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.
Semoga bermanfaat.