Rabu, 19 Juni 2019

Syarat Mencari Ilmu

Ada 6 syarat untuk mencari ilmu menurut syair alala (kitab ta'lim muta'alim) karya Syaikh Burhanuddin az Zarnuji

اَلا  لاَ  تَناَلُ  اْلعِلْمَ   إِلاَّ  بِسِتَّةٍ      سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ
ذَكاَءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِباَرٍ وَبُلْغَةٍ      وَإِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَانٍ

"Ingatlah! Engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan memenuhi enam syarat. Saya akan beritahukan keseluruhannya secara rinci. Yaitu : Kecerdasan, kemauan, sabar, biaya, bimbingan guru dan waktu yang lama"

Dalam menuntut ilmu kita perlu :
1. Cerdas
Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kecerdasan. Kecerdasan yang diberikan oleh Alloh (muhibatun minalloh) dan kecerdasan karena berusaha (muktasab).
2. Sungguh sungguh
Dalam mencari ilmu harus bersungguh-sungguh. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkannya (Man Jadda wa Jadda).
3. Kesabaran 
Terkadang dalam menuntut ilmu, kita sering kali merasa capek, bosan, mengantuk, atau sering dimarahi sehingga mendapatkan hukuman. Kita harus tetap bersabar dalam mendapatkan ilmu. Alloh akan mengangkat derajat orang yang mau berusaha, bersabar dan bersyukur.
4. Biaya
Menuntut ilmu pastinya perlu biaya (bekal). Untuk keperluan perjalanan, jiwa, dan raga. 
5. Harus ada gurunya
Ya, ini sangat perlu sekali. Zaman sekarang ini, segala informasi dapat diperoleh dari mana saja tapi tetap perlu adanya guru untuk mengonfirmasi. Tidak serta merta kita hanya membaca dan mendengarkan. Ini sangat sekali dirasakan, sehingga timbul persepsi-persepsi orang yang merasa benar karena hanya tahu satu dalil saja sehingga dengan mudah menyalahkan orang lain. Jadi perlu adanya guru untuk membimbing kita agar tetap menjadi orang yang diberi petunjuk. 
6. Waktu yang lama
Tidak bisa kita belajar, hanya sekali atau dua kali. Terkadang kita perlu beberapa kali agar kita bisa memahami suatu ilmu dan memerlukan jangka waktu yang sangat lama. Terkadang juga banyak hal yang sering kali terlewat dalam memahami suatu ilmu. So, jangan terburu-buru.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.
Semoga bermanfaat.