Rabu, 02 Oktober 2013

Penantian yang Berbuah Kemanisan

Hampir frustasi aku dibuatnya
Rasa putus asaku sudah menghampiri
Rasa lelahpun mengiri
Letih tak bergairah menjalani hidup

Ya itulah rasa yang mungkin aku jalani selama 3 bulan tanpa adanya sebuah aktivitas. Hidupku konstan, tak ada tantangan yang berarti hanya ada kebosanan yang selalu menemani.
Kalau aku mau menghitung berapa kali aku mengalami kegagalan dan kekecewaan dan harus berapa kali aku harus bangkit dan harus teteap maju, mungkin semuanya bisa terbalaskan akan hasil yang diperoleh sekarang.

Aku ceritakan proses yang pertama di ikuti.
Awal yang bagus aku peroleh, kesempatan kuliah sebelum ujian nasional diselenggarakan. UII jurusan Kimia dengan Bidkmisi. Aku sambangi tuh kampus, tapi disana terjadi miss communication yang mengharuskan aku membayar sejumlah uang sekitar 5 juta. Sedangkan aku tak bawa uang banyak, yang hanya cukup untuk ongkos bolak-balik Jogja- Brebes. Ternyata aku hanya salah loket registrasi. Dan waktupun mengakhirinya untuk aku konfirmasi kembali.  See you good bye, UII.
Pengumuman selanjutnya SNMPTN Undangan, posisi aku pas ini lagi ada di PUSDIKIF Cimahi. Waktu itu aku cukup menerima keadaan itu. Malah aku harus menenangkan teman-temanku yang satu barak yag senasib seperti saya ini. Dan harus berpisah juga teman-teman yang sudah diteriam di ajalur ini. SELAMAT YA !!! Ganbatte for us :)
Masih ditempat yang sama, pengumuman SMPB-PTAIN Undangan. Ya, kali ini aku dapat kabar yang gembira. Diterima UIN MALIK IBROHIM jurusan KIMIA. Tapi apa boleh buat, gak diambil juga. Posisi yang tak menguntungkan, jauh, biaya daftar ulang 7 juta lebih dan waktu itu juga adik sedang membutuhkan uang untuk proses yang sama masuk MAN. It's ok. I receive all my position.
Pengumuman ini yang membikin aku bungkam sampai 1 bulan, tak berkoar-koar di mana-mana, orang lain tanya akupun mengacuhkannya. Aku gagal di SBMPTN. Yah, ini yang bikin aku terpuruk sekali. Tapi aku sadar, waktu itu aku lupa mencantumkan kode soal saintek.
Selanjutnya, PNJ kerjasama dengan PT. Badak NGL yang ada di Bontang. Aku lolos sampai tahap ketiga aja. Padahal enak loh, kalau seandainya diterima. Fasilitas terpenuhi, dapet biaya hidup, lulusannya bisa langsung kerja di Perusahaan itu.
Masih ada lagi ini, UGM jalur PBU. Ya, emang belum rejekinya. Sabar aja ya Mun :)
Kalau yang ini parah, jalur UMBPTN. Bagi kalian yang analisisnya kurang kuat, jangan coba-coba ikut tes ini. udah gitu bacaannya itu, bikun mau muntah aja dech. (terlalu berlebihan ). Tapi kalau kalian pengen mencoba menikmatinya, silakan aja.
Dari semuanya di atas, aku udah pasrah gak ikut kemana-mana lagi. Menunggu tahun depan, persiapan yang lebih mantep lagi.
Tapi pas ada peluang, aku tetep aja ikut. Yang sekiranya ringan, beasiswa dan pendaftarannya gratis. Itulah yang dicari.
Nah, dua kabar berita yang terakhir ini menutup kegalauanku yang putus asa tidak bisa melanjutkan tahun sekarang. Tapi tetep aja bikin galau, walaupun galaunya bikin bahagia.(ada-ada aja nih aku ini).
Alhamdulillah diterima didua tempat yang menyandang predikat bagus. Universitas Gunadarma S1 Teknik Industri dengan Bidikmisi dan D3 Metrologi dan Instrumentasi FTI ITB beasiswa Menteri Perdagangan..
Dengan meminta saran kemana-mana, membuahkan hasil bahwa aku di ITB. ALHAMDULILLAH.

So, buat kalian yang punya keyakinan yang kuat. Tetap harus fokus, semangat, dan pantang menyerah. Kegagalan bukanlah akhir segalanya. Kita tak boleh berhenti. harus tetap maju, menantang semua impian. Jatuh bukanlah sebuah alasan untuk sebuah kebangkitan.
Raihlah masa depan, karena ada ditangan kalian...

2 komentar:

  1. Maaf, PT. Badak NGL berlokasi di kota Bontang bukan Samarinda.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. O iya maaf.
    Terimakasih atas koreksinya ^_^

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.
Semoga bermanfaat.